Ahad, Pukul 23.15

Di dalam kelambu

Abah terpikat dengan hipnotis IDP. Selama 8 menit, abah tak bergeming memperhatikan setiap gerak tubuh dan cerita yang ingin disampaikannya. Sampai ketika IDP selesai curhat, barulah Abah berasa sesak di dada…

Kelamaan tengkurap membuat dada sakit! ๐Ÿ˜€

Ups, jangan ngeres dulu! Abah memang berduaan malam itu dengan IDP, tapi buat meratiin video klipnya yang berjudul Indah Dewi Pertiwi – Hipnotis [Versi II]. Bukannya yang laen..

Nih foto Abah saat ngeliatin IDP. Kurang lebih begini deh..

abah dalem kelambuAsli, terkagum-kagum Abah dengan video klipnya. Abah menerka-nerka, konsep animasi 3D dan CGI-nya sedemikian halus dan ciamik, buatan siapa ya? Made in anak negrikah? Kalo bener begitu, wah naik dong bahu abah. Kreativitas anak negri berarti nggak jauh-jauh amat tertinggal dengan orang bule.. Abah bangga sebagai orang Indonesia.

Buat yang penasaran, Abah buat gambarnya. Nggak usah dipuji, biasa aja kok he-he..

Klip Hipnotis IDP versi AbahSecara konsep, video klip Hipnotis bolehlah mendapat ponten nilai 8. Walau mungkin sebagian blogger bakal menilai hubungan antara konten lagu dengan penggambaran animasinya gakย  nyambung. Namun, seperti halnya dalam berkreatif ataupun berkesenian, tak seharusnya proses harus bener-bener straight dengan ide yang hendak disampaikan.

Ambil saja ketika kita membaca novel-novel klasik semacam Atheis karya Achdiat Kartamihardja atau Tenggelamnya Kapal van der Weijk karangan Hamka. Betapa banyak kalimat-kalimat dalam kedua novel tersebut yang sebenarnya tidak perlu ada, namun justru itu yang dibutuhkan oleh pembacanya. Justru itu poin yang ingin dinikmati. Kata-kata yang cenderung berbunga, dengan penggunaan majas dan peribahasa yang menawan, akan semakin menghipnotis para pecinta novel untuk tenggelam dalam ceritanya.

Begitu juga dengan klip Hipnotis IDP ini. Penggunaan aspek animasi dan koreografi yang menghentak, adalah sebagai bentuk permainan ‘gaya bahasa’ IDP dalam menyampaikan apresiasi seninya. Termasuk dalam hal alur, yang akan membuat orang yang pertama kali melihat, akan menebak-nebak kemanakah alur cerita dari klip ini. Penonton akan mendapat kejutan dengannya.

Bayangkan bila klip yang dibuat datar-datar saja, sedikit sekali pengalaman visual yang akan didapat oleh penonton.ย  Setuju ataupun tidak, IDP telah membuat diferensiasi dalam karyanya di tengah begitu banyaknya klip yang beredar secara generik alias dengan rasa yang sama.

Secara visual, sampai menulis di detik ini, Abah masih terbayang animasi-animasi yang kuat darinya. Maklumlah, Abah baru pertama kali melihatnya. Itupun karena Abah ngeliat endorse dari blog berita detiknews. Kasihan ya Abah ๐Ÿ˜€ .. Secara Abah juga termasuk maniak dengan film kartun dan animasi.

Boleh jadi, konsep klip Hipnotis dari Indah Dewi Pertiwi ini terinspirasi oleh film futuristic semacam Transformer ataupun iRobot. Namun, penggarapannya dengan melibatkan panorama Indonesia serta lintas zaman yang terjadi di Indonesia, memberikan rasa lokal tersendiri baginya.

Pesan yang ingin disampaikan oleh IDP, — ini versi Abah lho, hati-hati bermain dengan ‘remote masa depan’-mu! Bisa-bisa nggak bisa pulang lagi ke masa yang sekarang. Berhati-hati dengan apa yang kita perbuat terhadap bumi, agar kita tidak menyesal saat nanti bumi harus hancur karena kerusakan alam akibat tangan-tangan tak bertanggung jawab kita semua.

Karena, ‘remote masa depan’ kita, yakni keadaan diri dan usaha yang kita lakukan masa sekarang ini, bisa rusak dan berbuntut pada penyesalan.

Ini tergambar jelas dalam klipnya, di mana IDP begitu mudahnya ia memainkan remotenya sehingga terhipnotis untuk teleport dari satu tempat ke tempat yang lain, serta dari satu zaman ke zaman yang lain. Sampai-sampai remote -nya sempat rusak, dan betapa paniknya ia kalau ia tak bisa kembali ke bumi yang sekarang..

Save the Planet!

Advertisements

13 thoughts on “Hipnotis IDP

  1. Bah sya ingin sekali buat film animasi 3 D,tentang kerusakan alam di tangan manusia.tetali sya tidak memiliki biyaya untuk melanjutkan studi di pulau jawa.tujuan membuat film ini utuk memberikan sosialisai dan pelajaran kepada umat manusia di seluruh dunia dari usia dini smpai usia DEWASA.

    Apakah abah bisa membantu sya?
    Asal provinsi:lampung
    Kabupaten:Lampung tengah
    Kecamatan:terbanggi besar
    Sekolah:SMAN 1 TERBANGGI BESAR
    KELAS:11 IPS 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s